Soul of Seoul (Part II)

Wednesday, July 04, 2012

hey people gimana dengan cerita saya di Soul of Seoul Part I kemaren? hehehe untuk postingan sekarang saya akan lanjutkan dengan Part II-nya.

oh yaa sebelum saya lanjut ke hari selanjutnya ada yg mau saya tambahin karena kemaren lupa banget nulis yang satu ini. jadi pas saya dan donna di Gwanghwamun Square kita sempet masuk ke Museum bawah tanah yang ada di dekat patung Raja Sejong. untuk masuk ke museum ini gratis, dan pintu masuk ada di belakang patung Raja Sejong persis. museum tersebut mengisahkan tentang asal-usul dibuatnya hangeul, yaitu huruf yang hingga saat ini digunakan oleh masyarakat Korea untuk berkomunikasi.

Tulisan yang ada di atas pintu masuk ke museum bawah tanah tersebut

selain itu di dalam museum ini juga ada perpustakaannya loh. kecil banget sih cuma terdiri dari rak buku berkaca, meja, dan beberapa kursi. nama perpustakaannya 한글 도서관 yang artinya Hangeul Library. fyi, buku-buku di sini belom diklasifikasiin loh. ada yang berminat? :p

tampak dalam Hangeul Library

nah itu tadi kekurangan yang ada di part I. selanjutnya saya akan cerita lagi perjalanan saya dan donna di Seoul (:

Senin, 25 Juni 2012

hari ini jadi hari yang agak sedikit wasting time banget karena ada itinerary yang harus dijalanin hari ini tapi saya dan donna udah pergi kemarinnya yaitu ke Namsan Tower. akhirnya pagi menjelang siang kita memutuskan untuk ke The National Library of Korea. untuk sampe ke tempat ini kita naik subway dan turun di Seocho Station Exit 6. dari sana kita jalan kaki sekitar 10-15 menit dengan jalan yang agak menanjak, fyi kontur tanah di Seoul emang agak menanjak karena letak kota yang ada di perbukitan. sampai di National Library of Korea sekitar jam 12 kurang dan udah hampir masuk jam makan siang. kita langsung ke tempat informasi tapi ternyata ngga ada yang jaga. kemungkinan udah istirahat. di sini saya dan donna bener-bener clueless mengenai ruang koleksi di mana, atau tempat-tempat lainnya karena gedungnya yang cukup besar dan melihat petugasnya sepertinya tidak ada yang bisa berbahasa inggris. petugas yang ada kebanyakan sudah tua dan biasanya orang tua di Korea tidak suka dengan orang-orang yang berbicara bahasa inggris. sangking clueless dan lama banget nunggu selesainya jam makan siang akhirnya saya dan donna memutuskan untuk keluar dari perpustakaan ini, jadi foto-foto yang di dapat hanya gedung bagian luar saja.

tampak luar dari gedung The National Library of Korea

tampak dalam (lantai dasar) dari gedung The National Library of Korea

karena udah ngga tau mau ngapain lagi di tempat ini akhirnya kita memutuskan untuk ke Seoul Art Center yang letaknya hanya beberapa kilometer dari The National Library of Korea. saya dan donna yang sebelomnya capek karena harus jalan dari Seocho Station ke perpustakaan ini akhirnya memutuskan untuk naik bus ke Seoul Art Center. nunggu bus yang berwarna biru (lupa nomernya, kalo ngga salah 4005), dan turun di Nambu Bus Terminal, atau satu halte sebelum Nambu Bus Terminal (lupa juga nama haltenya, yang jelas cuma beda sekitar 4-5 halte dari perpustakaan). dan begitu sampai tempat ini ternyataaaa ruangan pamerannya juga tutup sodara-sodara. baahhh tambah clueless lagi deh mau ke mana. sempet duduk-duduk sebentar sambil mikirin destinasi selanjutnya akhirnya kita sepakat ke Itaewon tempat Masjid tertua di Seoul berada. naik bus balik ke Seocho Station terus langsung capcyus ke Itaewon. oh iya untuk yang di Seoul Art Center ngga ada foto-fotonya, mohon maaf, karena udah cape dan panas dan belom makan dari pagi jadi males ngambil gambar.

untuk sampe ke Masjid Seoul (ngga tau nama masjidnya apa) kita harus naik subway dan turun di Itaewon Station Exit 3. dari sini tinggal jalan kaki. di sepanjang jalan ke masjid itu ada banyak jejeran toko-toko makanan khas Turki atau India. karena udah laper banget, begitu saya dan donna keluar exit 3 langsung ngeliat ada restoran kebab Turki, yasyudaahh makan dulu. porsi untuk 1 orang kita makan berdua. okee emang niat awal biar hemat pengeluaran, tapi ternyata emang porsinya itu gede bangeeett. kita mesen set yang terdiri dari kentang goreng, kebab, dan coca cola. karena ini set hanya untuk 1 orang jadi minumannya saya beli lagi. woowww bahkan kebab yang udah dibagi 2 ini masih berlebih untuk saya. saya ngga abis makan kebabnya, kalo si donna sih abis tapi dengan perut kekenyangan. oh iya dagingnya pake daging ayam kalo di sini.

udah kenyang, kita langsung jalan kaki ke Masjid Seoul. lagi-lagi jalannya nanjak. kurang lebih 500 meter dari tempat makan kebab akhirnya kita sampe di masjid Seoul. alhamdulillah. naahhh baru banget masuk pelataran masjid, saya dan donna dipanggil sama ibu-ibu Korea tapi bisa bahasa inggris. dia minta tolong kita untuk ngambilin buku mengenai tata cara solat yang ada gambarnya di dalem kantor pengelola masjid. nahlooo baru pertama kali ke mesjid ini udah diminta tolong yang bahkan kita aja ngga tau kantornya di sebelah mana. tapi si ibu-ibu ini kayaknya tau karena dia nunjukkin kita jalan masuk ke kantor pengelola masjid. dalam hati sih mikir, kenapa ngga si ibu-ibu ini aja yang ngambil sendiri. yaudah karena ngga enak dan kesian juga denger cerita si ibu (dia bilang dia 3x nikah sama orang muslim tapi akhirnya selalu diceraiin dan ditinggal sama anak-anaknya) akhirnya kita masuk. di depan pintu masuk kantor pengelola ada rak yang ada buku-buku-nya gitu, buku-buku ini free untuk diambil. nyari, nyari, nyari ngga ketemu. mungkin karena kelamaan akhirnya si ibu ini masuk dan dia ngambil sendiri aja loh ke dalem kantor pengelola. elaaahh kenapa ga dari tadi. saya sama donna yang mau solat kan jadi ngga jadi solat mulu. ternyataaaa gangguan dari dia ngga berenti sampai di situ.

si ibu ini kemudian ngajakin kita makan kebab di restoran deket masjid. dia mau ngajakin kita ngobrol-ngobrol gitu, nah dari sini saya dan donna udah mencium gelagat yang aneh dari si ibu ini karena dia ngajakin ngobrolnya agak memaksa sampai-sampai mau nungguin saya dan donna selesai solat. kita berkelit setiap kali ditanya berapa lama selesai solatnya. sempet takut juga waktu dia ngajakin solat bareng. seriously karena si ahjumma ini agak aneh. dia emang baik karena nunjukkin kita tempat wudhu perempuan. tapi aneh aja, sebelumnya dia bilang mau solat bareng kita, tapi dia ngga ikut wudhu bareng kita, dan pas saya dan donna nyalain kran air tiba-tiba dia bilang ada urusan dan mau pergi. satu jam lagi katanya dia balik dan nungguin kita di restoran kebab yang dia bilang yang katanya letaknya di depan hotel deket Itaewon Station (lupa nama hotelnya apa). jeng jeeenggg saya sama donna cuman bisa melongo dan dengan senang hati mengirim dia pergi dari hadapan kita, beneran annoying banget loh itu ahjumma. selesai wudhu, solat, foto-foto sebentar, dan langsung aja pergi dari daerah Itaewon itu. takuuuttt ketemu sama si ibu-ibu ituu dia maksa ngobrolnya tuh bener-bener sampai ngomong kalo mau nganterin kita balik ke guesthouse yang mana jarak Itaewon-Myeongdong itu lumayan jauh banget.

Masjid tertua di kota Seoul yang terletak di Itaewon

tampak luar dari masjid ini sih boleh bagus dan kelihatan megah banget, tapi sayang beberapa bagian kurang terawat dan tidak diperhatikan. contohnya seperti tempat wudhu untuk perempuan yang letaknya terlalu terbelakang, kamar mandi, dan tempat wudhu yang agak kotor. jarak dari tempat wudhu ke pintu masuk solat untuk perempuan juga terlalu jauh dan agak tertutup, kalo ngga baca petunjuk mungkin saya dan donna ngga tau kali letaknya di mana. masjidnya juga sepi banget. oh iya waktu lagi mau minta buku si ibu-ibu tadi kita sempet ngeliat, kayaknya sih salah seorang pengelola masjid deh, cowok Korea unyu gituuu daann udah pasti muslim kan kalo dia ada di kantor itu? kkkkk. waktu di jalan menuju masjid juga ada toko buku islami gitu dan di dalemnya ada cowok Korea nan unyu juga loh di dalemnya :D (you know what i mean)

tempat selanjutnya yang kita kunjungi setelah Masjid Seoul adalah Cheonggyecheon Stream. dari Itaewon Station kita naik subway lagi dan turun di Jonggak Station (lupa exit berapa). dari Jonggak Station tinggal jalan kaki aja 5 menit juga sampe. kebetulan kita pas sampe di Cheonggyecheon Stream itu di jembatan Gwanggyo yang letaknya ngga jauh dari bagian awal Cheonggyecheon Stream, Cheonggye Plaza. Cheonggyecheon Stream ini adalah sungai buatan yang berada di Seoul. sebelumnya Cheonggyecheon Stream ini memang sebuah sungai alami, tetapi pada tahun 1958 ditutup untuk dijadikan jalanan, dan pada tahun 2003 di kembalikan lagi menjadi sungai. banyak loh orang-orang Korea yang seneng duduk-duduk di sungai ini, apalagi di bawah jembatan Mojeongyo. kayaknya itu spot favorit deh karena letaknya berdekatan dengan air terjun tempat permulaan sungai (Cheonggye Plaza). kalo sore-sore kayak saya dan donna dateng, di bawah jembatan ini udah penuh sama orang-orang. ada orang Korea-nya, ada juga turis-turis asingnya. niat awal di Cheonggyecheon Stream sih sampe malem, karena di sungai ini kalo malem pemandangannya indah banget, soalnya ada lampu hiasnya. tapi karena setelah mikir-mikir lagi pengen ngeliat air mancur pelangi di Banpo Bridge akhirnya kita memutuskan untuk udahan di Cheonggyecheon Stream-nya dan beralih ke Banpo Bridge.

Cheonggye Plaza, air terjun awal dari Cheonggyecheon Stream

suasana di bawah jembatan Mojeongyo

dari Cheonggyecheon Stream ke Banpo Bridge lagi-lagi kita harus naik subway. mungkin bisa sih kalo naik bus, tapi sejauh ini menurut saya dan donna paling enak naik subway, jadi kita bolak-balik ya naik subway, toh ongkosnya sama aja kayak naik bus. balik lagi ke Jonggak Station dan langsung menuju ke Dongjak Station Exit 3. sampe di tempat ini saya dan donna sempet nyasar pas mau ke Banpo Bridge. kayaknya sih kita salah ambil jalan gitu. clueless banget deh. dan itu udah sekitar jam setengah 9an, di mana kita udah ketinggalan air mancur pelangi yang pertama yaitu jam 8, jam 9 kurang 10 sih nanti ada lagi, tapi kita mikir juga gimana baliknya ke guesthouse kalo malem, jauh pulak. apalagi waktu itu kita belom tau subway terakhir jam berapa. setelah merasa nyasar dari Banpo Bridge akhirnya kita nyerah dan balik lagi ke dalem Dongjak Station, tujuan pun belok ke Handel and Gretel. buat yang belom tau, Handel and Gretel itu salah satu coffee shop franchise yang salah satunya adalah milik bias saya di Super Junior. eheee siapa lagi kalo bukan Yesung :D

dari Dongjak Station kita naik subway ke National Assembly Station. naaahhh tragedi pun terjadi di Dongjak Station pas kita mau ke Handel and Gretel ini. T-Money-nya donna tiba-tiba ngga bisa dipakai, bukan karena pulsanya abis karena kita siangnya baru ngisi 5000 won. setiap kali donna ngedeketin T-Money ke sensornya, yang keluar bukannya jumlah uang yang terpakai dan sisanya tapi malah keluar suara peringatan gitu. pake bahasa korea pulak, mana ngarti coba. berkali-kali nyobain gabisa juga. akhirnya saya pinjemin T-Money saya, ternyata masih ngga bisa juga. saya yang udah masuk akhirnya keluar lagi. saya kasih T-Money saya ke donna dan dia saya suruh nyoba masuk duluan. bisa! donna pun ngebalikin lagi T-Money saya dan gantian saya yang nyobain. jeng jeeeennggg ga bisa! mati ini mah mati di negara orang! pasrah lillahi ta'ala naik taksi pulang ini kalo begini caranya. tapi kayaknya kelakuan saya dan donna ini diperhatiin ama seorang ibu-ibu Korea gitu. karena tiba-tiba dia ngedeketin kita dan ngajarin kita caranya, yang mana kita juga udah tau kalo itu kartu tinggal di tap ke sensornya. tetep aja gabisa. si ibu akhirnya nyuruh saya lewat jalur khusus manula dan difable. tapi terus tangan saya digandeng ke satu mesin gitu. dan saya baru tau kalo itu mesin untuk ngehubungin orang stasiun. si ibu kemudian ngomong-ngomong ama itu bapak-bapak lewat mesin itu pake bahasa Korea dan ngga lama si ibu itu nyuruh saya lewat di jalur yang normal lagi. alhamdulillah. saya sih ngga ngerti kenapa akhirnya saya bisa lewat jalur yang normal tanpa ketutup palangnya. karena sebenernya setiap kali kita nge-tap-in T-Money kita, ada sensor yang ngehubungin sama palang masuknya, jadi tetep terbuka. nah kalo T-Money kita habis pulsanya atau ngga bisa digunain palang itu bakal nutup pas kita mau lewat. gitu deh.

akhirnya saya dan donna bener-bener terima kasih banget ke ibu itu. jadi abis itu si ibu malah nanya-nanya dan cerita-cerita. standar sih. dia nanya kita dari mana, terus cerita kalo dia punya sodara yang muslim, pasti karena ngeliat jilbab saya dan donna. terus sodaranya ini katanya sih pernah bikin lagu islami gitu, tapi saya ngga tau judulnya. dia juga cerita kalo di Itaewon ada masjid (ini yang tadi siang saya dan donna datangi) dan rumahnya dia ngga jauh dari masjid itu. tau ngga dia nyerocos begini pake bahasa apa? yupiii Bahasa Korea! eheee untung ngarti. nah pas mau pisah dia nanya ke kita mau ke mana, saya jawab Yeouido, padahal sebenernya 1 stasiun setelah Yeouido sih. nah kalo si ibu itu mau pulang ke Itaewon. yasyudaahh kita pun berpisah di tangga turun karena arah yang diambil berlawanan. ga nyangka ada orang Korea sebaik dia (:

akhirnyaaaaa jam 9 sampe juga di National Assembly Station. selama di subway saya sempet merhatiin ada 3 orang cewek Korea. yang 1 bawa kardus gitu, dugaan saya sih vitamin buat artis Korea gitu deh. kalo sampe nanti dia turun di National Assembly Station kemungkinan besar sih dia itu fans dari salah satu artis Korea (saya ngga tau siapa, karena dia ngga pake atribut-atribut yang mencirikan fans dari artis tertentu). dan ternyata bener, mereka turun di National Assembly Station, terus saya mikir lagi, kalo nanti dia keluar lewat Exit 4 berarti dia mau ke Handel and Gretel juga atau ke gedung KBS (stasiun penyiaran TV dan Radio yang cukup besar dan terkenal di Korea). daaannn dia beneran keluar lewat Exit 4. dengan PD-nya saya ngomong ke donna kalo kita ikutin mereka aja, pasti nyampe ke Handel and Gretel (jarak Handel and Gretel ke gedung KBS cukup dekat). donna awalnya ngga percaya, tapi setelah saya sampaikan beberapa dugaan saya, akhirnya dia percaya. sebenernya saya agak-agak lupa arah ke Handel and Gretel dari National Assembly Station, pernah liat dari peta yang beredar di fanbase-fanbase Indonesia tapi agak lupa-lupa. seinget saya di depan Handel and Gretel itu ada mini market GS25, makanya saya milih buat ngikutin 3 cewek Korea itu. pas di belokan pertama saya ngeliat GS25 daaannn diseberangnya terpampang lah sebuah toko yang diapit oleh restoran-restoran, Handel and Gretel! ketemuuu!!! rasanya? deg-degan men sumpah. walaupun ngga yakin Yesung bakal ada di sana secara Super Junior lagi sibuk-sibuknya nyiapin album baru dan comeback mereka.

bener aja kan 3 cewek itu juga ternyata ke Handel and Gretel juga. tadinya saya dan donna udah mikir untuk makan sesuatu di Handel and Gretel, tapiii rasa lapar itu menguap pergi bersamaan dengan saya melihat Jongjin, adiknya Yesung. *lebay*. tapi beneran jadi ga napsu makan lagi. akhirnya malah cuman mesen minum doang, Lemon Tea (itu mah di Indonesia juga banyak!!! emang deh bego ama bloon beda-beda tipis :p ). foto-foto ngga ketinggalan. saya sempet ngomong ke Jongjin dan ngajak foto dia, tapi sayangnya dia ngga maauuu. dan salah seorang ELF Korea yang duduk di samping saya juga bilang kalo Jongjin itu ngga suka difoto. hiks Jongjiiinnn, padahal kan kalo ngga ada kakak kamu, kamu pun jadiii :'p. dan pas di Handel and Gretel juga si donna pun ngebet ke K-Story, toko milik kakaknya Heechul, biasnya donna di Super Junior. akhirnya kita merencanakan besok harus ke K-Story.

di depan Handel and Gretel, coffee shop milik calon suami Yesung

foto Yesung yang terpajang di dalam Handel and Gretel >.< (fotonya bukan yg di kanan bawah yee, tapi yang megang gitar)

dan yaakk hari Senin pun berakhir. abis dari Handel and Gretel, saya dan donna pun kembali ke guesthouse. udah malem dan capek juga seharian jalan tapi cuma sedikit tempat yang menarik. untung penutupannya menyenangkan :D

kayaknya baru part II udah panjang yaa, kalo gitu untuk hari selanjutnya disambung ke part III aja yaa. see you people (: