Soul of Seoul (Part IV)

Saturday, July 21, 2012

sepertinya postingan kali ini bisa jadi postingan terakhir mengenai perjalanan saya ke korea. sebelumnya saya sudah menulis 3 part untuk cerita mengenai perjalanan saya ke Seoul. daann ini yang ke empat. enjoy people (:

Rabu, 27 Juni 2012

hari ini bukan hari terakhir saya berada di Seoul tapi hari terakhir saya menjelajah kota besar ini. hari terakhir ini memang dari awal sudah saya dan donna rencanakan akan jadi shopping day. hahaha pokoknya hari ini didedikasikan hanya untuk belanja, belanja, dan belanja. tapi siapa sangka pada akhirnya kita malah ngga cuman belanja tapi juga nyoba jalan-jalan lagi. padahal waktu sehari belom tentu cukup buat belanja. okaaayy here we go..

rencana awal emang kita ada niatan buat ke Star Avenue, pokoknya tempat ini yaaa surga kecilnya KPopers deh. soalnya di Star Avenue itu banyak dipajang barang-barang yang pernah dipakai sama artis-artis KPop. tapiii pas udah sampe Korea ngga tau kenapa si donna pengen banget ke Lotte World padahal itu tempat sama aja kayak dufan. akhirnyaaa niatan ke Star Avenue pun belok. tapi pada akhirnya sih kita tetep ke Star Avenue ngga jadi ke Lotte World karena tiket masuk yang terbilang cukup mahal, sekitar 37.000 won (silahkan hitung kalo dirupiahin berapa). terus juga karena saya mikir-mikir takut uang yang saya bawa ngga cukup buat beli oleh-oleh. maklum titipan banyak hahhaa.

pagi jam setengah 10an kita berangkat ke Jamsil Station tempat Star Avenue berada. fyi, Star Avenue, Lotte World, Lotte Departement Store terbesar, dan Lotte Duty Free Shop terbesar ada di satu gedung yang sama. sampai Jamsil Station kita bisa keluar di exit 4. begitu keluar exit 4, okeee kayaknya ini station subway paling bagus yang pernah saya liat dari selama perjalanan saya ke Seoul kemaren. keliatan banget modernnya dibanding station subway yang lain. keluar dari station itu udah masuk ke arena milik Lotte karena di dalamnya ada Lotte Departement Store. kalo mau ke Lotte World, Star Avenue, atau Lotte Duty Free Shop kita jangan ambil jalan yang masuk ke Lotte Departement Store tapi ambil jalan yang ada disebelah pintu masuk Lotte Departement Store. nanti kita akan ketemu sama mesin-mesin yang menjual tiket Lotte World, nah buat yang mau ke Lotte World bisa beli tiket dari mesin-mesin ini. dan buat yang mau ke Star Avenue lanjutin aja perjalanannya lagi. ngga jauh dari mesin-mesin penjual tiket Lotte World ini kita udah ada di depan Star Avenue. 

di Star Avenue itu selain yang saya bilang dipajangnya barang-barang yang pernah dipakai sama artis-artis KPop ada juga beberapa setting untuk drama. untuk masuk ke Star Avenue ngga gratis, kita harus bayar 10.000 won. cukup mahal sih menurut saya karena dalemnya Star Avenue gitu-gitu aja. jadi kita akan ditanya siapa artis/penyanyi KPop yang kita suka kemudian akan diarahkan ke bagian yang ada artis/penyanyi KPop yang kita suka itu. tapi isinya sedikiitt. selain itu ada juga setting untuk drama gitu yang bisa digunakan untuk foto-foto lengkap dengan kostumnya. kita bisa milih kostumnya sendiri, tapi sayangnya kalo mau foto kayak gini mesti ngeluarin uang lagi kurang lebih 7.000-9.000 won. 

Lotte World Skate Rink

banyak adegan di KDrama yang diambil di Lotte World Skate Rink, contohnya yang paling terkenal Full House

Lotte World Star Avenue (:

nyasar ampe keluar area Lotte Mall, eh ketemu ini (:

abis dari star Avenue kita melanjutkan perjalanan ke Kona Beans. iyah Kona Beans yang punyanya ibunya Leeteuk, Sungmin, ama Kyuhyun itu. letaknya di Apgujeong-dong. naik subway lagi terus turun di Apgujeong Station keluar lewat Exit 2. dari Exit 2 kita mesti jalan kaki, agak sedikit jauh dan letaknya masuk ke dalem gang gitu sih. untungnya waktu di K-Story kita udah sempet nanya sama Bruce arah ke Kona Beans. dan temennya Bruce yang jaga kafe K-Story ngasih kita petunjuk dan peta yang dia gambar. intinya adalah kita mesti jalan berlawanan dengan Exit 2. lurus terus sampe ketemu gas station, dari gas station nanti ketemu sama jalan masuk pertama ke kanan, yang ada coffee shop Angel-in-us. nah Kona Beans ada di samping Angel-in-us. ngga bener-bener pas di sampingnya sih, tapi cuma beda beberapa gedung aja.

karena pas nyampe Kona Beans udah masuk jam makan siang jadi saya dan donna mesen Waffle sama Strawberry Smoothies. untuk ini aja udah abis 10.000 won. menurut saya sih harga makanan dan minuman di Kona Beans lebih mahal dibanding Handle and Gretel. tapi yaudahlah yaaa yang penting kenyang :p. di sini ngga ada ketemu Leeteuk, Sungmin, ama Kyuhyun, bahkan adeknya Sungmin yang biasanya jaga, Sungjin, juga ngga ada. hiks syediihhh. pas kita udah selesai makan tinggal minum aja eehh ada ahjumma (perempuan paruh baya) gitu keluar dan mereka nyapa semua pengunjung kafe termasuk kita. dari sini saya dan donna mikir, pasti ini ahjumma bukan orang biasa. hahaha. dan ngga lama orang Jepang yang duduk ngga terlalu jauh dari saya minta foto bareng ahjumma ini. nah kan, kayaknya ini ahjumma ibunya salah satu member Super Junior deh. yaudah biar kata ngga kenal, kita nekat aja minta foto bareng ahjumma ini. udah foto dan si ahjumma udah balik lagi ke dalem saya langsung nge-twit ke adek saya minta cari tau ahjumma yang ada difoto sama saya itu ibunya siapa. daaannn you know what siapa ahjumma itu? IBUNYA SUNGMIN. iya ibunya Sungmin yang member Super Junior itu loh. baahhh antara seneng tapi juga ngerasa gagal jadi ELF karena ngga ngenalin. hahahhaha..

Kona Beans dari luar

Kasir di Kona Beans

ada foto Leeteuk, Kyuhyun, dan Sungmin sebagai pajangannya (:

Strawberry Smoothies and Waffle (jangan pernah kalkulasiin apa yang lo beli ini dengan rupiah, yakin sakit hati deh)

with Sungmin's Eomma (:

abis dari Kona Beans saya dan donna tiba-tiba pengen tahu letak kantor SM Entertainment di mana. buat yang ngga tau SM Entertainment itu salah satu agensi artis besar di Korea beberapa yang ditanganinya adalah Super Junior, SNSD, TVXQ, BoA, dll. kenapa tiba-tiba pengen ke sana? karena letaknya juga ada di Apgujeong. akhirnya kita nyoba jalan nyusurin itu Apgujeong-ro, tapi sayangnya ga nemu-nemu. karena hari udah agak sore dan kita juga belom belanja oleh-oleh jadi yasudaahh balik saja lah ke Myeongdong. istirahat sebentar di guesthouse baru kemudian lanjut wisata belanja :D
pertama-tama kita ke Namdaemun Market. di sini sih sebenernya pasar biasa gitu doang. jangkauan harganya itu untuk menengah ke bawah. udah dapet di sini, tiba-tiba pengen ke Insadong Market yang letaknya, okeee, cukup jauh dari Namdaemun. abisan di Namdaemun sedikit yang jualan souvenir khas Korea gitu. akhirnya yaudah kita ke Insadong biar kata hari udah hampir gelap. sampe Insadong yaa masuk-masuk waktu magrib dah. toko-toko di Insadong juga udah pada siap-siap buat tutup. untungnya masih ada yang buka. kalo di Insadong emang bisa dibilang pusatnya oleh-oleh souvenir khas Korea deh. selesai dari Insadong kita balik lagi ke Myeongdong dan jalan-jalan di Myeongdong Market. ngga lupa juga balik lagi ke K-Story :D
pas kita sampe di Myeongdong Market eehh pas lagi ada acara gitu. yaaa acara yang kayak di KDrama gitu loh yang nge-couple-couple-in orang gitu. padahal mah orang yang ditarik ke atas panggung ngga saling kenal. abis ngeliat itu kita lanjut jalan lagi masuk-masuk ke Myeongdong Market. dan milih buat balik lagi ke K-Story. pas kita nyampe ternyata Bruce lagi sibuk. jadi kita agak sedikit dicuekin. hiks syediihh. dan yang nyambut kita malah 2 orang cewe Malaysia yang kayaknya lagi liat-liat barang-barang di K-Story. ini 2 orang Malaysia sok kenal gitu ama K-Story, ya ama toko-nya lah, ama pemiliknya lah, malahan dia yang nyuruuh kita duduk. okee sebenernya yang bawel itu cuman 1 orang sih, yg 1 lagi mah diem aja. sampe akhirnya kebawelan dia berenti pas Bruce nyapa kita berdua. "Apa kabar?" "Apa Kabar?" sambil nepok bahu saya sama donna. seriously saya sempet merhatiin perubahan muka itu 1 malaysian. dia kaget gitu karena ternyata si 'tuan toko' yang tadi dia dengan sok tau kenalin ke kita itu udah kenal ama kita duluan. hahahha..

tapi dari percakapan yang saya lakukan dengan orang malaysia ini ada pelajaran yang bisa saya ambil. meskipun bahasa dan logat/dialek kita sedikit berbeda tapi masih tetep bisa berinteraksi dengan bahasa masing-masing. dia ngomong pake bahasa Melayu-nya dan saya ngejawab dia dengan bahasa Indonesia. dan kemudian saya mikir, selama ini saya selalu ingin tahu bahasa Korea itu baik di pedesaan maupun di perkotaan menurut saya sama saja, tapi orang Korea bilang kalo dialek mereka itu beda. sedangkan saya mikirnya beda dialek ya beda bahasa karena itu lah yang kita alami di Indonesia kan? bahasa di Jawa Tengah dengan di Kalimantan misalnya satu sama lain berbeda kan? bukan sekedar dialek aja, tapi sampe semuanya pun beda. makanya saya mikirnya di Korea itu bahasanya juga beda-beda, tapi ternyata cuma 1 ya Bahasa Korea itu sendiri hanya saja beda dialek/pelafalan aja. dan akhirnya saya mengambil satu kesimpulan perbedaan dialek itu terjadi pada bahasa yang sama tapi nada pengucapannya berbeda. kayak kalo orang Jakarta ngomong pake Bahasa Indonesia pasti beda kan dengan orang Jawa Tengah yang ngomong pake Bahasa Indonesia, orang Jawa pasti ada beberapa lafal yang dia ucapin lebih medok. ya kan? (:

oh yaaa sampe lupa. untungnyaa saya sama donna masih sempet ketemu sama Bruce karena ternyata besok paginya jam 10 dia mau terbang ke Thailand. dia sempet kaget juga waktu kita bilang kita pulang besok ke Indonesia. dia juga nanya penerbangan kita berdua jam berapa, ternyata cuma beda setengah jam. kita take off lebih dulu daripada pesawat Bruce. just for information Bruce ke Thailand itu dalam rangka launching cabang tokonya dia. jadiii sekarang K-Story udah punya cabang di Thailand namanya T-Story. Congratulation Bruce. or should i call you Oppa? :p

liat ngga plang K-Story? nah di situlah tokonya berada. kecil banget kan? makanya kalian harus mengapresiasi penglihatannya donna karena bisa ngeliat plang dan toko yang nyempil begini :p

Heechul Corner. hahaha..

with Bruce Youn

Myeongdong Market di malam hari. kangen banget sama ramenya (:

 jalan masuk ke Myengdong Market. kalo hari biasa ngga ada gapura Super Junior gini. ini karena lagi ada Seoul Summer Sale aja jadi dipasang beginian dan tahun ini Super Junior jadi artisnya gituu.

bisa dibilang selesai sudah jalan-jalan saya dan donna di Seoul. abis dari Myeongdong Market kita pulang deh ke guesthouse dan packing karena besok pagi harus segera berangkat ke bandara kalo ga mau ketinggalan pesawat. well itu jadi hari terakhir saya sama donna berpetualang di Seoul. kalo ditanya kurang apa ngga? pasti kurang banget lah. karena masih banyak tempat-tempat yang belom sempet kita datengin.

Kamis, 28 Juni 2012

pagi-pagi jam setengah 6 kita check out dari Myeongdong Guesthouse karena pesawat sendiri take off jam setengah 10. tadinya mau check out jam 6 tapi kata Mr. Park lebih baik jam setengah 6 karena kalo masih jam segitu Airport Limousine Bus lebih cepet dateng. dan si Mr. Park mau aja waktunya digangggu oleh kita berdua yang mau check out dari guesthousenya dia. dari guesthouse kita lebih milih nyebrang lewat atas daripada lewat subway station karena udah tau seluk beluknya Myeongdong. aiihhh sombong. hahaha. nunggu Airport Limousine Bus di depan Sejong Hotel persis. karena untuk kawasan Myeongdong yang ini tempat pemberhentian Airport Limousine Bus cuma di depan Sejong Hotel. sepuluh menit kemudian akhirnya bus yang ditunggu sampe didepan kita. naik dan pas busnya jalan mikir "so is this the right time to say goodbye to this place?" taaauu kok tauuu ini lebay banget. tapi beneran deh Seoul itu ngasih kesan yang bagus untuk saya pribadi. rasanya ngga pengen pulang..

tampak depan Myeongdong Guesthouse. meskipun saya ngga merekomendasikan tempat ini tapi penginapan ini tetep ngangenin. penginapan dengan bau kacang. hahahha..

dan sampe bandara biasa lah yaa prosedur-prosedurnya, nunggu, masuk pesawat, take off. and i should say goodbye to Korea for a while. doakan saya bisa balik lagi ke Korea ya teman-teman (:
selesai deh perjalanan saya di Seoul (: sampe ketemu lagi di postingan yang lain..
best regards
gals

You Might Also Like

5 comment

  1. wahhh kereeeeennnn.......bisa jadi referensi saya buat jalan-jalan kesana >.< (insya Allah tahun depan), semoga won tetep stabil, hahaha......

    ReplyDelete
  2. terima kasiih (:
    amiin amiin semoga saya juga bisa balik lagi :D

    ReplyDelete
  3. Envy baca postingan nya hihihi nice story :D

    ReplyDelete
  4. Aku mau nanya lagi dong, tdi aku udah nanya di part 1 ^^
    itu tiket airport limousine pas awal beli 10.000 won untuk pulang pergi bukan?

    ReplyDelete