Soul of Seoul (Part I)

Sunday, July 01, 2012

akhirnyaa setelah nabung-nabung selama 1,5 tahun. nahan-nahan jajan, ngambil magang-magang terus tiap liburan, dan tambahan dari goyang akhirnyaa ngerasain juga nginjekin kaki di negeri ginseng, Korea Selatan (: woooww God's plan will always beautiful at the end. selalu harus bersusah payah dulu sebelum mengecap manisnya. ahiiyyy lebay.

yup jadi ceritanya salah satu mimpi 5 cm saya berhasil terwujud yaitu pergi ke Korea even cuman di ibukota Seoul doang eheee. saya pergi ke Korea cuma berdua bareng Donna. ini modal nekat namanya. berkat sebuah buku yang saya baca sekitar 2 tahun lalu tentang jalan-jalan murah ke Korea, dimulailah saya menyusun rencana. pertama, nyari temen karena emang ga bakal boleh pergi sendiri apalagi jauh banget begini. kedua, ngumpulin duit gimana caranya bisa nyampe target, kapan target uangnya ke kumpul semuanya juga dipikirin. ketiga, bikin paspor, maklum perdana ke luar-luar indonesia. ke empat, nyoba bikin itinerary (rencana perjalanan) selama di sana. dan sebagainya, dan sebagainya deh pokoknya.

sengaja dari awal nggak ngomong-ngomong ke temen-temen deket kayak mano, munad, nadia, novi, ama maria. yang tau dari awal itu cuma orang tua ama aJ doang. pas udah dapet visa baru deh ngomong-ngomong ke mano, munad, ama nadia. saya paling takut kalo gembar-gembor ke orang-orang nantinya malah dibilang sombong, padahal mereka gatau prosesnya saya dan donna ke sana kayak apa. orang bikin status ama bales-balesin mention di twitter soal pergi ke Korea ini aja masih ada yg nyinyir coba =="

yah baiklah daripada jadi curhat mending saya langsung ke ceritanya aja yaaa. semua dimulai dari ngurus visa yg kata orang-orang paling susah. tapi alhamdulillah saya dan donna lancar-lancar jaya aja visanya keluar. padahal paspor masih kosongan. cara ngurus visa korea udah pernah saya posting sebelumnya di sini. setelah visa keluar mulai deh nukerin rupiah ke won dan ringgit. kenapa ringgit? karena saya dan donna akan transit di kuala lumpur agak lama, sekitar 6 jam lebih dan itu butuh makan. makanya kita nukerin rupiah ke ringgit juga.

Sabtu, 23 Juni 2012

jam 9an pagi, metta (temen SMA sekaligus temen sejurusan sekarang) bbm minta dicariin tiket balik ke jakarta untuk penerbangan hari itu juga soalnya dia juga udah beberapa hari di kuala lumpur. nyari2 dua maskapai ada 1 nemu. udah, bbm-an berenti sampe situ.

jam 11 siang saya dianter keluarga ke Soekarno Hatta terminal 3. yeesss everyone can fly with Air Asia. hahaha thanks to budget air satu ini. perjalanan pertama saya dan donna pun dimulai. pesawat yang kita naikin ke kuala lumpur sempet delay 1 jam (harusnya berangkat jam 2.50 siang) dan sampe di kuala lumpur juga ikutan molor setengah jam. sampe kuala lumpur ngurus imigrasi dan lain-lain, akhirnya keluar. jalan-jalan, solat, terus cari makan. nah pas mau solat ini lah ada kejadian yang tidak terduga sekaligus lucu terjadi. kita ketemu sama metta. hahaha iyaa banget ketemu metta di LCCT, dia lagi nyariin tiket pesawat balik ke jakarta. lucu aja sih menurut saya, siang masih bbm-an di rumah, tapi malemnya malah ketemu di negara orang. kkkk. abis sapa menyapa, metta ngenalin ke cowoknya yang emang waktu itu lagi nganterin dia nyari tiket, terus yaa dia nanya2 mau ke mana, abis ituu misah. saya dan donna solat deh.

at LCCT (:

jam 11 malem kita check in untuk penerbangan berikutnya ke Seoul. abis check in langsung masuk ruang tunggu. karena ngga tau mau ngapain lagi nungguin penerbangan selanjutnya jam 1 malem akhirnya kita tidur-tiduran di ruang tunggu. jam setengah 1an gate dibuka dan dibolehin masuk ke pesawat. daann pesawat kita pun delay lagi sekitar setengah jam. di pesawat saya duduk sebelahan sama seorang cowo korea, ngga unyu banget sih tapi tetep enak diliat :D. dan dia temen perjalanan yang menyenangkan. aiihh. soalnya tempat duduk saya ama donna kepisah. saya dan cowo korea ini ngobrol-ngobrol. ngobrolin hal-hal yang basa basi sih kayak saya dari mana, ke korea mau ngapain, berapa lama, nanti di korea nginepnya di mana, umurnya berapa, sama siapa ke korea, kenapa cuma berdua, di korea mau kemana aja, masih kuliah apa SMA, yaa yg sejenis itu deh ya. oh dan dia juga sempet cerita kalo di Seoul ada masjid dan orang-orang muslim juga cukup banyak, mungkin karena dia ngeliat jilbab saya kali ya. kalo yang masalah masjid di Seoul sebenernya saya emang udah tau tapi untuk menghormati dia yang keliatan semangat banget cerita soal ini jadi saya iya-iya aja. daaann jangan salah paham dulu keliatan jago banget ye saya ngobrol sepanjang itu ama cowo korea. kita ngobrol pake bahasa inggris bukan bahasa korea. hahaha kalo sepanjang itu saya juga ngga ngerti kali bahasa koreanya apaan :p daaann karena malem makin larut dan pengaruh obat juga (antimo kok) akhirnya saya milih tidur aja, lagian udah ngga ada yg mau diomongin lagi.

Minggu, 24 Juni 2012

jam 4an saya kebangun dan solat subuh di atas pesawat. terus yaa tidur-tiduran lagi karena belom nyampe. baru deh sekitar jam setengah 9an pesawat mendarat di Incheon International Airport. wohooo akhirnyaa. dan begitu pesawat landing si cowo korea ini ngomong "Welcome to Korea" sambil senyum ke saya. aiihh maaakk saya cuman jawab "thank you". dan kita pun berpisah. hahhaha karena dia tinggal 1 jam perjalanan dari Seoul, yaitu di daerah Gyeonggi-do. dan kita juga ga kenalan nama biar kata udah ngobrol lumayan panjang.

sampe Incheon langsung ngurus imigrasi, trus nyariin tempat pengambilan bagasi tapi ga nemu-nemu ga taunya kita harus ke gedung bandara utama naik kereta bawah tanah. norak!! hahaha. bagasi udah diambil daann cuman bisa ber-waw-waw ria ngeliat bandara Incheon. beneran gede dan bersih dan putih. hal pertama begitu keluar dari urusan imigrasi dan bagasi adalah nyariin tempat rental handphone. soalnya ini tuntutan orang tua yang minta selalu dikabarin. sampe di counter penyewaan handphone Olleh dan SK Telecom ngga taunya kalo mau rental harus punya credit card, kalo ngga punya harus bayar deposit 300.000 won. maakk itu sih udah sama kayak biaya hidup saya selama di korea. akhirnya saya dan donna ngga jadi ngerental handphone di sana. jalan, jalan, jalan masih di Incheon nyariin minimarket yang jual T-Money. T-Money itu kartu yang berisi sejumlah uang yang bisa dipake untuk naik bus, subway, dan taksi di Korea. sistemnya sih sama kayak kita make handphone indonesia. pake pulsa gitu. kalo pulsanya abis yaa mesti isi lagi baru bisa dipake. cuma bedanya pulsa ini dipake untuk naek kendaraan umum di sana.

@ Incheon International Airport (:

bentuk T-Money

T-Money dapet dan langsung diisi pulsa 10.000 won. saya dan donna kemudian ngeliat internet service. jadi komputer yang akses ke internet gitu. siapa aja bisa pake. biayanya 500 won untuk 10 menit. karena saya dan donna ngga punya 500 won akhirnya pake uang 1.000 won dan dapet 20 menit. kita gantian ngabarin orang-orang rumah sekaligus ngasih tau kalo ngga jadi rental handphone karena mahal. jadi selama di korea komunikasi cuma lewat internet aja dan untungnya di guesthouse ada wifi yang aksesnya bebas. selesai ngabarin via internet tiba-tiba kita ngeliat counter rental handphone LG. udah nanya-nanya, udah ngobrol panjang lebar eh gataunya pas mau nge-rental tetep aja sama kayak Olleh ama SK Telecom, mesti punya credit card. ngga jadi lagi deh. oh iya si mba-mba yang jaga bisa bahasa indonesia loh :D yasyudaahhh karena udah ngga ada yang mau dilakukan lagi di Bandara Incheon, saya dan donna langsung ke tempat penjualan tiket Airport Limousine Bus. beli tiket bus yang ke Myeongdong (Sejong Hotel) nomer 6015. harga tiketnya 10.000 won.

selama perjalanan dari bandara Incheon ke Seoul kurang lebih satu jam dan di dalem bus kita harus selalu make seat belt. begitu sampe di depan Sejong Hotel, kita turun dan masuk ke Myeongdong Station Exit 10 untuk nyebrang ke Exit 1 karena guesthouse kita ada di deket Myeongdong Station Exit 1. jalan kurang lebih 35 meter juga udah sampe. oh iya kita nginepnya di Myeongdong Guesthouse. ngga terlalu recommended sih karena kamarnya agak kecil dan kamar mandinya bau kacang. tapi setelah sedikit bisa beradaptasi ternyata emang udara di Seoul bau kacang gitu, jadi ga cuman di Myeongdong Guesthouse aja. sampe guesthouse kita ketemu sama Mr. Park, si pemilik penginapan. karena udah reservasi sebelumnya jadi si Mr. Park tau saya. biaya penginapan untuk 4 hari langsung dibayar dimuka. abis itu kita dikasih tau cara-cara make kamar mandinya yang sama aja kayak kamar mandi di jakarta cuman di sana suhu airnya bisa diatur. abis itu kita dapet kunci kamar yang juga ada nomer kamarnya. sampe kamar udah jam 12 siang dan langsung tiduran bentar, mandi, makan siang, istirahat, dan solat karena udah masuk waktu zuhur jam 1nya.

selesai solat akhirnya langsung menjalankan rencana. ternyata itinerary yang udah dibuat di jakarta NGGA KEPAKE. hahaha tapi seenggaknya bisa jadi gambaran sih. harusnya pas kita baru nyampe itu langsung ke Gyeongbokgung Palace dan palace-palace lainnya. tapi karena masih rada cape akhirnya saya dan donna mutusin buat ke N Seoul Tower (lebih terkenal dengan nama Namsan Tower) yang letaknya ngga terlalu jauh dan bisa ditempuh dengan jalan kaki dari guesthouse. karena saya taunya ke Namsan Tower mesti naik subway dulu dan turun di Hoehyeon yang mana itu nanggung banget cuman 1 stasiun akhirnya kita nanya ke Mr. Park jalan terdekat ke stasiun cable car ke Namsan Tower. Mr. Park pun nunjukkin jalan terdekat ke Namsan Tower dengan jalan kaki. kurang lebih jarak dari Myeongdong Guesthouse ke stasiun cable car Namsan Tower itu 700 meter deh dan jalannya itu NANJAK sodara-sodara. berasa lagi naek gunung (emang naek gunung sih, Namsan Tower kan adanya diatas gunung Namsan). sepanjang jalan itu ada banyak restoran dan kafe-kafe gitu dan di seberangnya udah pohon-pohonan hijau semua.

untuk sampai ke Namsan Tower memang harus naik cable car, tapi kalo mau jalan kaki juga bisa tapi ngabisin waktu setengah jam dengan jalan yang menanjak. saya dan donna milih buat naik cable car, itu loh kayak yang di drama korea Boys Before Flower. ihiiiyy akhirnya ngerasain juga tempat bermalemnya Gu Jun Pyo ama Geum Jan Di waktu kejebak di stasiun cable car Namsan. untuk naik cable car ini kita harus bayar 7.500 won untuk round trip atau 6.000 won untuk sekali jalan. jelas lah kita milih naik yg round trip. ternyata hari itu di halaman Namsan tower lagi ada acara. ngga tau acara apa pokoknya ada demo bela diri korea gitu, tapi bukan tae kwon do. nonton sebentar terus langsung beli tiket yang langsungan ke Observatory Room dan Museum Teddy Bear harganya 14.000 won. kalo cuman mau yang salah satu juga bisa tapi saya lupa harganya berapa. oh iya kalo beli tiket langsungan itu kita ngga bisa milih mau ke Observatory Room dulu atau Museum Teddy Bear dulu karena emang udah ada jalannya. pertama kita harus ke Museum Teddy Bear dulu baru abis itu bisa naik ke Observatory Room.

@ Namsan Tower atau N Seoul Tower
Teddy Bear Museum

salah satu diorama di dalam Teddy Bear Museum

Teddy Bear Museum itu berisi diorama-diorama mengenai sejarah Korea dari sejak jaman kerajaan-kerajaan Korea yang disajikan dalam bentuk boneka teddy bear. kenapa diorama-diorama ini terbuat dari boneka teddy bear? sebenarnya bukan karena nama museumnya tapi karena sejarahnya. orang Korea selalu menganggap bahwa nenek moyang mereka berasal dari beruang. itulah sebabnya diorama-diorama ini dibuat dalam bentuk boneka teddy bear atau beruang. mereka sangat menjunjung tinggi ke-beruangan-an mereka (???) hahaha maksudnya mereka sangat menghormati beruang karena itu tadi beruang dianggap sebagai nenek moyang mereka. selesai ngeliat para teddy bear kecil nan imut yang pengen banget dicolong 1 buat dibawa pulang kita langsung naik ke Observatory Room. naik liftnya mesti ngantri, berasa di monas. hahahaha cuman selama ngantri itu kita disuguhi sama animasi-animasi keren depan liftnya. di dalem liftnya dibagian atas juga ada animasi yang ngegambarin kalo kita naik lift sampe keluar angkasa gitu (iya, a little bit lebay ini animasinya). sampai di Observatory Room ada Souvenir Shop yang agak beda sama souvenir shop di lantai dasar, kalo di atas souvenir shopnya kebanyakan ngejual yang berbau-bau Namsan Tower, kalo yang di bawah kebanyakan berbau Teddy Bear, ada restaurant juga tepat satu lantai di bawah Observatory Room, ada juga teropong untuk ngeliat pemandangan kota Seoul dari atas Namsan Tower, tapi mesti bayar. dan emang bener dari atas Namsan Tower hampir seluruh bagian kota Seoul keliatan.

@ Observatory Room Namsan Tower. kebaca ga tulisan di atas saya? itu tulisannya Jakarta, Indonesia 5.268,18 km. yupii itu jarak Jakarta dari Namsan Tower (:

dan selain Museum Teddy Bear dan Observatory Room yang terkenal dari Namsan Tower adalah Gembok Cinta. iyaa banget ini adalah satu kepercayaan dari pasangan-pasangan Korea. katanya kalo kita ngegembok nama kita dan pacar terus gemboknya itu dipasang di sana dan kuncinya dibuang maka hubungan kita bakal awet. gituu. ya saya mah ya ngga tau yaa namanya juga kan itu kepercayaannya mereka. selain gembok cinta yang bikin banyak wisatawan asing dateng ke Namsan Tower adalah cable car dan mesin kopinya yang sempet masuk drama Boys Before Flower yang terkenal itu.

Gembok Cinta yang terkenal itu...

puas sama Namsan Tower saya dan donna bingung mau ngapain dan ke mana lagi secara waktu masih menunjukkan pukul 3 sore. setelah bingung nentuin tujuan akhirnya kita berencana menjalankan itinerary yaitu ke Gyeongbokgung Palace. turun dari Namsan kemudian jalan kaki lagi ke Myeongdong Station untuk selanjutnya naik subway. turun di Gyeongbokgung Station exit 5 dan keluar-keluar ternyata kita udah ada di samping Gyeongbokgung Palace. foto-foto sebentar sebelum kemudian beli tiket seharga 3.000 won untuk bisa masuk ke dalem lingkungan Gyeongbokgung Palace.

Gwanghwamun Gate. Main and South Gate @ Gyeongbokgung Palace

Gunjeongmun, gerbang didalam Gyeongbokgung Palace

Gyeonghoeru yang pada jaman Dinasti Joesoen digunakan sebagai tempat perjamuan tamu penting kerajaan

Gyeongbokgung Palace itu bener-bener istana yang luas banget. saya dan donna ngga jalan sampai ke bagian belakang istana yang nantinya ketemu dengan Chongwadae (Istana Kepresidenan Korea Selatan saat ini) karena udah capek duluan. akhirnya kita duduk-duduk di bangku yang ada di depan Gyeonghoeru. laper dan capek karena baru makan mie yang kita bawa dari jakarta akhirnya saya dan donna memutuskan untuk keluar dari Gyeongbokgung Palace untuk nyari kedai makanan. ternyata begitu keluar kita langsung berhadapan sama Gwanghwamun Square. itu loh tempat yang ada patung Raja Sejong sama Laksamana Yi Sun Shin itu. jalan nyusurin Gwanghwamun Square dan di seberang jalan kita ngeliat kedai Dunkin Donuts. yasudah beli lah donat dulu disitu sambil mengistirahatkan kaki. perut udah kenyang, langsung balik lagi ke Gwanghwamun Square yang kebetulan air mancurnya lagi nyala jam segitu. foto-foto terus duduk-duduk sambil ngeliatin anak-anak kecil pada main air mancur di sana. sempet diajak ngobrol juga sama salah satu peneliti dari Universitas Korea kalo ngga salah karena dia nyebut-nyebut Goryeo University yang kalo diartiin jadi Korea University. jadi dia juga sama kayak saya dan donna cuma duduk-duduk sambil menghabiskan waktu. katanya dia itu lagi sibuk ngurusin tugas akhir mahasiswanya karena udah mendekati liburan summer gitu. ngobrolnya ya pake bahasa inggris yang dicampur-campur ama bahasa korea. kalo ngobrol pake bahasa inggris ama orang korea emang rada-rada susah karena dialek mereka agak aneh.

Patung Raja Sejong

Patung Laksamana Yi Sun Shin dengan air mancur di bawahnya

anak-anak Korea yang lagi pada main air di Gwanghwamun Square

saya dan donna cukup lama duduk-duduk di depan Gwanghwamun Square. kira-kira dari jam 6 sampe jam setengah 8an deh. jam setengah 8an akhirnya baru deh balik ke guesthouse dari Gwanghwamun Station. pas banget nyampe guesthouse langit udah agak gelap.

perjalanan hari pertama di Seoul pun sukses. hehehe alhamdulillah kesannya bagus walaupun baru hari pertama. dan karena ini udah kepanjangan jadi cerita Soul of Seoul akan saya lanjutkan nanti yaaa sambil mengumpulkan kepingan memori yang betebaran. aaiiihhh (: